Brebes, Kiblat Bawang Merah yang Berinovasi dalam Penjualan Bibit

November 24, 2023
Brebes, Kiblat Bawang Merah yang Berinovasi dalam Penjualan Bibit

 

Bawang merah (Allium cepa) merupakan komoditi utama bagi masyarakat Indonesia yang asalnya dari kawasan Iran, Pakistan, dan pegunungan sebelah utaranya. Selain peran pentingnya sebagai bumbu penyedap masakan, kandungan nutrisi seperti vitamin C, asam folat, serat, minyak eteris, zat pengatur tumbuh alami auksin, dan giberelin menjadikan bawang merah bermanfaat bagi kesehatan.

 

Salah satu daerah yang identik dengan bawang merah adalah Kota Brebes, namun citranya mulai tergerus dengan munculnya sentra penanaman bawang merah di seluruh nusantara yang semakin berkembang dan menjadi pusat perhatian, seperti Kabupaten Solok di Sumatera, Majalengka di Jawa Barat, Nganjuk di Jawa Timur, Bantul di DIY, Enrekang di Sulawesi, dan Sumbawa di NTB. 

 

Petani di Brebes pun mulai merasakan dampak berupa kesulitan menjual bawang merah ke luar pulau atau antar provinsi karena masing-masing daerah mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, bahkan terjadi surplus produksi.

 

Sebagai respons terhadap fenomena ini, banyak petani di Brebes mulai beralih untuk menjual umbi bawang merahnya sebagai umbi bibit. Kondisi geografis dan klimatologi yang khas dari wilayah Brebes membuat bawang merah yang dihasilkan pun memiliki keunggulan dibandingkan daerah lain. Umbi bawang merah dari Brebes yang digunakan sebagai bibit sangat adaptif bila ditanam diberbagai daerah nusantara, baik di dataran rendah maupun tinggi.

 

 

Bapak H. Samsul Hadi adalah salah seorang petani bawang merah yang cukup terkenal di desa Pagejugan Brebes, demikian halnya dengan anggota keluarganya. Sebagai petani bibit bawang merah, pemupukannya tidak bisa sembarangan. Pupuk KARATE PLUS BORONI dan Suburkali BUTIR menjadi andalan untuk menghasilkan umbi bibit berkualitas dengan daya simpan optimal dengan persentase susut yang lebih sedikit. 

 

Selain itu, di desa Limbangan, Kecamatan Brebes ada sosok Bu Yuliana sebagai pemilik CV Argopundi Lestari semakin mantap bergerak dalam penangkaran dan penjualan bibit bawang merah. Tidak hanya menjual umbi bibit, tetapi juga biji dan bibit hasil seedling siap tanam.

 

Harapannya, gelar "Brebes, Kota Bawang Merah" tidak lekang oleh waktu dan dapat terus menjadi produsen bawang merah terbaik dengan hasil panen yang melimpah, tentunya dapat semakin berkembang pula karena didukung oleh sumber daya alam, inovasi pengetahuan pertanian dan semangat para petani yang terus berjuang membudidayakan bawang merah untuk hasil panen yang terbaik.

 

Berita Lainnya