Kenapa Stok A & B Harus Dipisah?

July 24, 2022
Kenapa Stok A & B Harus Dipisah?

 

Saat ini hobi bertanam tanaman tidaklah sulit. Dengan lahan terbatas, bahkan tanpa tanah pun bisa. Caranya dengan hidroponik, dimana kita bisa berbudidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Asalkan pemberian makanan ke tanaman sesuai kebutuhannya bisa terpenuhi melalui larutan nutrisi atau yang dikenal sebagai ABMix.

 

Ada dua (2) larutan dalam ABMix, yaitu stok A dan stok B. Kedua stok ini harus dipisahkan. Alasan utamanya itu menghindari reaksi awal antar unsur maupun senyawa, pada saat bahan mentah berbentuk padatan, maupun larutan Stok Master Pekat.

 

"Reaksi awal ini akan menyebabkan terbentuknya endapan atau senyawa-senyawa baru yang tidak diinginkan, karena tidak bisa diserap tanaman. Pembagian tersebut antara lain untuk menghindari Kalsium (Ca) bertemu dengan Phosphat (P) atau bertemu dengan Sulfur (S)," ucap Mas'ul Hadi, Crop Specialist PT Meroke Tetap Jaya.

 

Berikut aturan mencampur dalam pembuatan nutrisi ABMix:

 

1. Jangan pernah mencampurkan bahan pekatan yang mengandung Ca dengan bahan yang mengandung P dan S.

 

2. Hanya mencampurkan P dan Mg bila pH larutan di bawah 7,5.

 

3. Jangan melarutkan Fe dengan P.

 

4. Tambahkan bahan yang bersifat asam dahulu, dan tidak mencampurkan asam dan basa bersamaan. Sebab, akan menimbulkan reaksi yang kuat dan panas.

 

5. Jangan mencampur kelat dan bahan organik di tangki yang sama, yang bersifat asam.

 

6. Ingat bahwa air baku yang mengandung tinggi kadar Ca, Mg, SO4, Fe atau Mn dapat mempengaruhi larutan.

 

7. Bila melarutkan bahan bersamaan terkadang lebih lambat. Misalnya, MgSO4 dilarutkan bersamaan dengan KNO3. Reaksi yang terjadi, dapat menjadi K2SO4. Ini memiliki kelarutan yang lebih rendah dan mungkin bisa mengendap.

 

 

*Informasi selengkapnya tentang produk-produk kami, bisa unduh APPS PETANI CERDAS.

 

**Dapatkan juga informasi-informasi terkini seputar pertanian, terutama nutrisi tanaman. Serta, temukan distributor terdekat kami di wilayah Anda, hanya di APPS PETANI CERDAS

Berita Lainnya