Jangan Tunda Berhidroponik!

August 04, 2018
Jangan Tunda Berhidroponik!

Tiga tahun menggeluti hidroponik, Harti Kurniawan sudah mengalami jatuh bangun dalam mengelola hobi yang kini menjadi bisnisnya. Bagi perempuan yang memulai hidroponik di depan balkon apartemennya di tengah kota Jakarta ini, berprinsip bahwa untuk sukses berhidroponik itu caranya dengan terus mencoba dan tidak takut gagal.

 

“Dalam menekuni hidroponik, saya selalu yakin setiap permasalahan yang saya hadapi, pasti ada solusinya. Karena itu saya selalu mencoba-coba dan tidak takut gagal” tegas Harti, pemilik Hijos Farm ini.

 

Harti yang memiliki Greenhouse di Bonang, Bojong Nangka, Tangerang ini mengatakan salah satu permasalahan yang pernah dihadapinya adalah memberikan racikan A-B Mix tidak sesuai porsinya. Namun, permasalahan itu dinilainya sebagai pengalaman yang berharga. Tidak menurunkan semangatnya.

 

Lanjut Harti, sebenarnya kunci utama dirinya tetap bertahan di bisnis hidroponik hingga kini adalah passion dan kreativitas. Passion membuat dirinya tidak menyerah dan rasional dalam mengelola bisnis ini. 

 

Sementara untuk kreativitas, Harti tekun menciptakan produk-produk turunan hidroponiknya sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Di luar itu, menurutnya, kemudahan mendapatkan bahan baku pupuk untuk hidroponik saat ini juga menjadi salah satu faktor dirinya tetap bertahan di bisnis ini.

 

“Saat ini lebih mudah berhidroponik karena untuk nutrisinya mudah didapatkan. Benih juga. Bukan hal yang mewah juga saat ini membangun Greenhouse. Jadi, untuk para pemula, jangan tunda berhidroponik!” lanjut Harti yang untuk kebutuhan nutrisi tanaman hidroponiknya menggunakan produk-produk dari PT Meroke Tetap Jaya.

 

PT Meroke Tetap Jaya sebagai perusahaan pupuk nasional, saat ini sudah memasarkan pupuk hidroponik untuk membuat racikan A-B Mix. Bahan baku yang bisa dipakai untuk membuat racikan yang sudah diedarkan PT Meroke Tetap Jaya, di antaranya: MerokeCALNIT, Meroke MAG-S, MerokeFLEX-G, MerokeMAP, MerokeMKP, MerokeKalinitra, MerokeSOP, MerokeVITAFLEX, Meroke MIKRO series (Mikro Mn-EDTA 13%, Mikro Zn-EDTA 15 %, Mikro Cu-EDTA 15%, Mikro Fe-EDTA 13 % dan Mikro Fe-EDDHA 6%). 

 

Pupuk-pupuk hidroponik grade tersebut bisa di pakai untuk meracik nutrisi A-B Mix. Mulai dari 3 racikan, 4 racikan, 5 racikan, bahkan sampai 12 racikan. Baik untuk skala hobi maupun industri.

 

Selain memasarkan pupuk, PT Meroke Tetap Jaya rutin memberikan pelatihan-pelatihan hidroponik di sejumlah kota di Indonesia. Sebab, perusahaan berkeinginan mengajak masyarakat pertanian Indonesia mengembangkan hidroponik dengan konsep 4E, Easy (mudah dipahami), Enjoy (menyenangkan), Excellent (hasil memuaskan), dan Earn (menghasilkan pendapatan).

 

“Now Everyone Can Grow Hidroponik with Easy, Enjoy, Excellent, and Earn”

Berita Lainnya