Apa Saja Syarat-Syarat Untuk Bahan Nutrisi Hidroponik

February 21, 2022
Apa Saja Syarat-Syarat Untuk Bahan Nutrisi Hidroponik

 

Hidroponik merupakan teknologi budidaya tanaman tanpa media tanah, dengan memenuhi semua kebutuhan hara melalui larutan nutrisi.

 

Untuk media tanamnya, memakai atau tidak media inert (organik/non) seperti: batu kerikil, vermikulit, rockwool, peat moss, serbuk gergaji, cocopeat, dll. Sebagai penyangga mekanis akar. Sehingga, tanah tidak lagi menjadi faktor pembatas.?

 

Dengan hidroponik memungkinkan menciptakan kondisi yang optimal, sehingga produksi bisa lebih tinggi dan sepanjang tahun. Untuk bahan nutrisi hidroponik yang dipakai terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

 

Pertama, harus fully watersoluble atau 100% larut air serta hydroponic grade fertilizer (purity up 98%). Untuk produk dari kami, mudah diidentifikasi salah satunya dengan ciri khas logo tetesan air pada kemasan.

 

Kedua, bahan nutrisi hidroponik atau biasa dikenal AB-Mix harus lengkap kandungan haranya. Setidaknya terdiri dari hara makro: N, P, K, Ca, Mg & S; serta hara mikro: Fe, Mn, Zn, Cu, B dan Mo.

 

Ketiga, berimbang (balance). Maksudnya, semua nutrisi tersedia dalam JUMLAH dan RASIO yang seimbang. Sehingga, tidak ada defisiensi dan tidak toxic.

 

Keempat, nutrisi yang diberikan harus sesuai dengan target kebutuhan nutrisi tanaman & fase pertumbuhan (nutrient uptake & nutrient removal).

 

Kelima, nutrisi harus dikoreksi sesuai dengan air baku, suhu, RH, pH, intensitas matahari, sistem instalasi, sistem GH, & tipe sistem hidroponik yang dipakai.

 

Bila syarat no 1-5 terpenuhi, maka hasilnya adalah racikan nutrisi yang LEZAT BAGI TANAMAN.

 

Untuk produk-produk hidroponik kami yang lengkap, unduh Apps Petani Cerdas di Google Play Store.

Berita Lainnya