Program Pemupukan Cabai

October 18, 2018
Program Pemupukan Cabai

Cabai adalah salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Tanaman ini sudah masuk dalam komoditas yang penjualan dan budidayanya menjadi perhatian Pemerintah karena bisa mempengaruhi suhu politik di negeri ini.

 

Dalam hal tempat pertumbuhan dan perkembangan yang optimal adalah di daerah dengan ketinggian menengah sampai tinggi (500-1.000 dpl) tetapi ada juga beberapa varietas yang optimal budidayanya di daerah dataran rendah, dan syarat lainnya supaya tumbuh kembangnya optimal adalah makanan atau unsur hara atau pupuk. Untuk pupuknya, tanaman cabai sama seperti tanaman yang lain, bukan hanya pupuk/unsur hara N, P, K saja agar hasil panennya optimal.

 

Hara yang diperlukan oleh tanaman cabai bukan hanya hara makro primer saja (N, P, K) tetapi harus dipenuhi juga hara makro sekunder (Fe, Mn, Zn, B, Cu, Mo) maka dengan diberikannya hara yang lengkap dan didukung oleh lingkungan yang sesuai, maka potensial genetiknya akan keluar menghasilkan produksi yang optimal.

 

Dalam budidaya tanaman cabai, petani ada yang menggunakan mulsa plastic hitam perak/HP dan ada juga yang tidak menggunakan mulsa plastic. PT Meroke Tetap Jaya menyediakan semua hara yang dibutuhkan oleh tanaman cabai, dalam hal aplikasi pupuk ada yang dengan sistem cor pupuk di larutan dulu dalam air baru diaplikasikan ke tanaman/tanah.

 

Ada juga dengan sistem tunggal pupuknya langsung diaplikasikan ke tanah dalam hal aplikasi pemupukannya kami akan memberikan panduan secara umum, yaitu dengan sistem cor sebagai berikut:

 

Berita Lainnya