Forum Petani Sipirok Butuh Pendampingan Kelola Pertanian

March 08, 2019
Forum Petani Sipirok Butuh Pendampingan Kelola Pertanian

Perkumpulan-perkumpulan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani di Sipirok menggelar kegiatan "Forum Petani Sipirok (FPS)", pada Kamis, 7 Maret 2018 lalu, di Sipirok, Sumatera Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 petani yang memiliki visi sama untuk memajukan pertanian di Sipirok.

 

"Acara ini menjadi wadah sebagai tempat belajar bersama, dan saling bertukar pengalaman dengan sesama petani," ucap Agronomis PT Meroke Tetap Jaya, Gagah Hidayah Sakti Harahap yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk memberikan materi tentang budidaya tanaman, khususnya pemupukan. Sipirok sendiri memiliki potensi pertanian, yaitu kopi, cabai, tomat, dan padi

 

Sementara itu, Ketua FPS, Mara Adil Hutasuhut, mengatakan kegiatan rutin dilakukan satu kali dalam sebulan untuk membahas berbagai persoalan dan permasalahan yang muncul di tengah masyarakat atau kelompok tani.

 

"Tanah di Sipirok itu subur dan menjanjikan, hanya saja belum terkelola dengan baik alias 'tidur'. Untuk itu, forum yang terdiri dari orang awam ini butuh dibina, butuh ilmu, dan butuh bimbingan," jelasnya. 

 

Lanjut Mara Adil, FPS lebih membutuhkan pendampingan yang optimal untuk memaksimalisasi hasil-hasil pertanian di kawasan Sipirok, seperti pengelolaan lahan, penanaman, pemupukan, perawatan hingga proses produksi hasil pertanian yang tepat.

 

Mara pun berharap PT Meroke Tetap Jaya, sebagai perusahaan pupuk Nasional bisa secara konsisten mendukung pertanian di Sipirok, terutama dalam pendampingan dalam penggunaan pupuk.

 

"Saya berharap MTJ selalu hadir untuk masyarakat di Sipirok, tidak hanya sebatas menjual pupuk, tapi ikut berperan serta di purna jual. FPS juga berharap MTJ tetap hadir di setiap pertemuan-pertemuan FPS," ucapnya.

Berita Lainnya