Defisiensi Hara Nitrogen Pada Tanaman Anggur

August 25, 2022
Defisiensi Hara Nitrogen Pada Tanaman Anggur

 

Bagi sebagian orang, membudidayakan anggur memiliki seni tersendiri. Mudah atau sulitnya tergantung dari wawasan dan pengalaman si pembudidaya. Apakah sudah memahami betul, karakter tanaman anggur. Apa yang dibutuhkan, atau apa yang sedang terjadi pada tanaman.

 

Misalnya, saat daun-daun yang lebih tua menguning lalu mengering. Dilanjutkan, rontoknya bunga yang sudah terbentuk. Untuk yang sudah memahami apa yang terjadi, sudah berpikir bahwa hal itu adalah defisiensi hara Nitrogen.

 

Defisiensi sendiri adalah gejala yang dapat dilihat secara visual melalui penampakan pada daun ataupun buah yang tumbuh tidak normal. Ini terjadi disebabkan salah satu unsur hara tidak terpenuhi, sehingga pertumbuhan & perkembangan tanaman tidak optimal. Dan, menjadi faktor pembatas produksi tanaman.

 

Berikut kami ulas gejala defisiensi hara Nitrogen yang kerap terjadi pada tanaman anggur:

 

Defisiensi Nitrogen

 

Nitrogen bersifat ‘mobile’, defisiensi hara pada tanaman anggur ini terlihat pada daun yang tua. Dimana, daun-daun tersebut tampak menguning dan akhirnya kering. Ini juga bisa terjadi, saat asupan N terutama N-Ammonium diberikan secara berlebihan.

 

 

N-Ammonium adalah kation yang sangat ringan, mudah diserap tanaman, namun jika terserap terlalu banyak akan menyebabkan sel-sel dalam tanaman menjadi raksasa, dan menekan keberadaan unsur hara kation lainnya seperti Kalsium, Kalium dan Magnesium.

 

Akibatnya, daya simpan buah berkurang, cepat busuk, pembentukan bunga tertunda, dan bunga yang sudah terbentuk rontok. Karena itulah, lebih disarankan untuk memberikan pupuk yang N-Nitrat (NO3-) agar bisa lebih cepat terserap oleh tanaman.

 

Atau kombinasi sumber Nitrogen dari Nitrat-Nitrogen (NO3-) dan Amonium-Nitrogen (NH4+). Nitrat-Nitrogen (NO3-) bisa diserap lebih cepat oleh tanaman dan Ammonium-Nitrogen (NH4+) tersedia sebagai sumber Nitrogen cadangan berikutnya.

 

Serta, lebih tahan terhadap volatilisasi jika dibandingkan pupuk NPK dengan sumber Nitrogen hanya dalam bentuk Ammonium-Nitrogen (NH4+) saja. Ini lebih cocok untuk kualitas pertumbuhan dan hasil panen yang lebih baik.

 

Peranan Hara Nitrogen Bagi Tanaman Anggur

 

Adapun peranan hara Nitrogen yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggur, di antaranya:

 

1. Memacu vigor pertumbuhan,

 

2. Komponen utama organ vegetatif (pucuk, daun, batang dan akar), dan

 

3. Memproduksi pigmen hijau/klorofil, protein dan asam amino.

 

 

Tunggu ulasan kami tentang defisiensi dan peranan hara pada tanaman anggur pada artikel selanjutnya.

 

 

*Informasi selengkapnya tentang produk-produk kami, bisa unduh APPS PETANI CERDAS. **Dapatkan juga informasi-informasi terkini seputar pertanian, terutama nutrisi tanaman. Serta, temukan distributor terdekat kami di wilayah Anda, hanya di APPS PETANI CERDAS

Berita Lainnya