Defisiensi Hara Fosfat Pada Tanaman Anggur

September 03, 2022
Defisiensi Hara Fosfat Pada Tanaman Anggur

 

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas tentang hara Nitrogen pada tanaman anggur. Dimana, jika kekurangan unsur hara makro primer ini, ciri-cirinya akan tampak pada daun yang tua, tampak menguning dan akhirnya kering.

 

Selain Nitrogen, pada unsur hara makro primer terdapat Fosfat (P). Tentu saja, hara ini sama sangat pentingnya dengan fungsi dengan Nitrogen bagi tanaman anggur.

 

Fungsi Unsur Hara Fosfat

 

Fosfat merupakan komponen utama asam nukleat dan ATP. Bagi tanaman anggur, Fosfat sangat berperan untuk produksi dan transportasi gula, lemak dan protein. Serta, memiliki peranan utama dalam pertumbuhan akar.

 

Juga, berfungsi dalam mempercepat kematangan, merangsang pembungaan, pembentukan biji dan produksi buah.

 

Fosfat bersifat ‘mobile’ dalam tanaman, namun immobile dalam tanah. Mekanisme penyerapan hara Fosfat ini secara Difusi. Yaitu, penyerapan unsur hara yang terjadi karena konsentrasi unsur hara pada permukaan akar tanaman lebih rendah, dibandingkan konsentrasi hara pada larutan tanah.

 

Defisiensi Unsur Hara Fosfat

 

Jika pada tanaman anggur, ketersediaan unsur hara Fosfat ini sedikit, ditandai gejala defisiensi yang tampak secara visual di daun tua. Daun berwarna merah keunguan. Kemudian, bisa menjadi keras dan kaku.

 

 

Defisiensi hara Fosfat tak hanya itu, dampaknya pada tanaman akan membuat pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil, perkembangan akar terhambat, serta mengurangi kesuburan dan pembentukan buah secara signifikan sehingga menurunkan hasil panen.

 

Pencegahan Defisiensi Unsur Hara Fosfat

 

Untuk mencegahnya, kita sebagai pembudidaya tanaman anggur harus memahami kebutuhan unsur hara Fosfat. Di tahap awal pertumbuhan dan pasca panen, Fosfat banyak dibutuhkan tanaman anggur. Dan, lebih banyak lagi saat tanaman memasuki tahap pembentukan bunga.

 

Pada tahap pembesaran buah, kebutuhannya tidak banyak. Sebab, pada fase ini, hara Kalium dan Kalsium lebih dominan dibutuhkan tanaman anggur.

 

 

Adapun sumber Fosfat yang bisa diberikan melalui pemupukan, yaitu SS (AMMOPHOS) dan MerokeTSP. Kedua pupuk tersebut bisa diberikan ke tanaman dengan cara ditabur.

 

Sedangan, untuk pupuk foliar yang disemprotkan ke daun, bisa mengaplikasikan MerokeMAP dan MerokeMKP. Program pemupukan dari PT Meroke Tetap Jaya untuk tanaman anggur, sudah kami buat dan bisa diunduh di APPS PETANI CERDAS.

 

*Informasi selengkapnya tentang produk-produk kami, bisa unduh APPS PETANI CERDAS.

 

**Dapatkan juga informasi-informasi terkini seputar pertanian, terutama nutrisi tanaman. Serta, temukan distributor terdekat kami di wilayah Anda, hanya di APPS PETANI CERDAS

Berita Lainnya