Warga Duren Sawit Sambut Positif Pelatihan Hidroponik

September 26, 2019
Warga Duren Sawit Sambut Positif Pelatihan Hidroponik

Pelatihan hidroponik, belakangan ini menjadi tren untuk kalangan warga Ibukota. Melalui pelatihan, para peserta ingin lebih mengenal hidroponik, baik secara teknis maupun tentang nutrisi yang diberikan ke tanaman. Bisa bertani di lahan terbatas, menjadi alasan utama warga Ibukota tertarik mengikuti pelatihan hidroponik.

 

"Saya saat ini belum berhidroponik, namun saya ingin berhidroponik karena saya lihat lebih sehat dan tidak membutuhkan lahan yg luas. Cocok untuk yang tinggal di Jakarta," ucap Cahwati Marifah, Wakil Ketua Kelompok Kerja 3 PKK Kelurahan Duren Sawit Jakarta Timur yang menggandeng PT Meroke Tetap Jaya menggelar pelatihan hidroponik dasar untuk anggotanya, Selasa (24/09) kemarin.

 

 

Setelah pelatihan yang dihadiri puluhan warga dari 17 RW usai, Cahwati Marifah yang biasa dipanggil Rifa menuturkan dirinya senang melihat antusiasme para anggota PKK-nya saat pelatihan berlangsung. Antusiasme tampak dari aktifnya para anggota PKK yang belajar bagaimana cara memotong rockwoll, menyemai benih, membuat larutan nutrisi hidroponik, dan cara perawatan hidroponik lainnya agar tanaman bisa tumbuh optimal.

 

"Ini ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami. Nantinya kami akan menerapkan ilmu hidroponik yang diberikan tim PT Meroke Tetap Jaya di rumah kami terlebih dahulu. Semoga kami bisa juga menyebarkan ilmu yang positif ini ke tetangga dan orang-orang di lingkungan kami, agar hidroponik tidak terkesan sulit untuk dimulai," tutur Rifa.

 

 

Agus Garisman, Manager Area PT Meroke Tetap Jaya wilayah Jawa Barat yang menjadi pengisi acara pun turut senang dengan sambutan positif dari Kelompok Kerja 3 PKK Kelurahan Duren Sawit. Menurutnya, hidroponik bagus menjadi tren untuk warga Jakarta karena dengan lahan di depan pekarangan rumah, warga sudah bisa memulai bercocok tanam sistem hidroponik secara sederhana.

 

"Kenapa harus hidroponik? Hidroponik itu bisa menjadi salah satu solusi tantangan pertanian saat ini. Dimulai dari makin menyempitnya keterbatasan lahan pertanian akibat alih fungsi lahan sampai keterbatasan sumber daya manusia yang berminat menjadi petani," ucapnya.

 

Untuk materi nutrisi hidroponik, Agus Garisman mengajarkan cara untuk membuat larutan nutrisi AB Mix, yang bisa menggunakan beberapa bahan nutrisi seperti MerokeCALNIT, MerokeMAG-S, MerokeMAP, MerokeMKP, MerokeKALINITRA, MerokeSOP, MerokeVITAFLEX, MerokeFLEX-G dan lain-lain.

Berita Lainnya