Terong Ungu, Agar Panennya Bagus

May 30, 2022
Terong Ungu, Agar Panennya Bagus

 

Terong ungu rekomen ditanam, karena termasuk tanaman yang perawatannya relatif mudah, cukup tanam sekali petik bisa berkali-kali. Agar pertumbuhannya optimal, baik secara kualitas maupun kuantitas, harus diberikan unsur hara melalui pemupukan.

 

“Setidaknya ada 13 unsur hara yang diberikan ke terong. Sama dengan tanaman lainnya, yang terdiri dari hara makro: N, P, K, Ca, Mg, & S. Dan, hara mikro: Fe, Mn, Zn, Cu, B, Cl & Mo,” ujar Nurma Johan, Area Manager PT Meroke Tetap Jaya untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

 

Berdasarkan penelitian dari Paterson tahun 1989, untuk menghasilkan 1 ton terong membutuhkan 5,18 kg N; 1,15 P2O5; 8,50 K2O; 2,00 MgO; 4,63 CaO; dan 0,38 S. Lanjut Nurma Johan, jika dibuat presentase kebutuhan nutrisi dari penelitian tersebut: 24 % N, 5 % P2O5, 40 % K2O, 22 % CaO, dan 9 % MgO.

 

“Bisa disimpulkan bahwa kebutuhan nutrisi tertinggi itu Kalium dan Nitrogen, bisa pakai NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE saat fase generatif tanaman. Pengaplikasian pupuk ini akan bisa memaksimalkan produktivitas tanaman,” ujarnya.

 

NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE sendiri adalah salah satu produk unggulan PT Meroke Tetap Jaya, yang pada setiap butiran prill pupuk ini mengandung 15% Nitrogen (N), 9% Fosfor (P), 20% Kalium (K), dan TE (Trace Element). Sehingga, menjamin keseragaman penyebaran semua hara agar pertumbuhan dan hasil tanaman yang maksimal.

 

Keunggulan NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE dari produk-produk lainnya, adanya TE atau Trace Element. Yaitu, unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit.

 

Pada NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE, unsur hara TE-nya sebagai berikut: 0,015 % Boron Oksida (B2O3); 0,020 % Zinc (Zn); dan 0,020 % Mangan (Mn).

 

Adapun fungsi-fungsi dari unsur hara TE, pertama, Boron (B) memiliki kaitan erat dengan proses pembentukan, pembelahan dan diferensiasi sel. Jika kekurangan Boron, daun terong berwarna lebih gelap dibandingkan dengan daun normal.

 

Zinc (Zn) sangat berperan dalam aktivator enzim , pembentukan klorofil dan membantu proses fotosintesis. Jika kekurangan Zn, biasanya pertumbuhan lambat, jarak antar buku pendek, daun kerdil, mengkerut , atau menggulung di satu sisi lalu disusul dengan kerontokan. Lalu, bakal buah menguning, dan gugur.

 

Terakhir, Mangan (Mn) merupakan unsur mikro yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Untuk pemenuhan nutrisi ini, PT Meroke Tetap Jaya sudah membuat program pemupukannya yang bisa dijadikan referensi bagi petani, yang mau atau sedang membudidayakan terong ungu.

 

Produk lainnya yang direkomendasikan: SS (AMMOPHOS), Suburkali BUTIR, KARATE PLUS BORONI, dan NPK Mutiara 16-16-16. Pupuk foliarnya: MerokeMKP, MerokeMAG-S, MerokeKALINITRA, MerokeCALNIT, dan MerokeFITOFLEX.

 

“Program pemupukan terong yang lengkap bisa diunduh di Apps PETANI CERDAS di Google Playstore. Di sana ada cara pemakaian dan dosis masing-masing pupuknya. Juga, ada informasi-informasi mengenai produk yang digunakan,” sambungnya.

Berita Lainnya