Pupuk untuk Tanaman Hias dengan Nutrisi Lengkap

February 13, 2021
Pupuk untuk Tanaman Hias dengan Nutrisi Lengkap

Bercocok tanam di rumah pada era pandemi saat ini, terutama tanaman hias sedang booming. Aspek yang digemari dari tanaman hias mulai dari keindahan bentuk, warna, corak bunganya, seni akar dan batang. Sebut saja untuk tanaman yang fokus pada keindahan bentuk atau corak daun di antaranya Alokasia, Aglaonema, Caladium, dan Monstera.

 

Untuk yang berfokus pada keindahan seni akar dan batang, di antaranya beringin, cemara, bougenville, adenium, pupus merah, dan sakura. Sementara yang keindahan pada bunga, di antaranya mawar, krisan, dan kenikir. Agar keindahannya tetap terjaga, tanaman membutuhkan setidaknya 12 unsur hara yang terdiri dari hara makro dan mikro, di antaranya N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, Mn, Zn, Cu, B, dan Mo.

 

Tanaman hias dominan membutuhkan Nitrogen yang berperan penting dalam pembentukan klorofil daun, pertumbuhan tunas, sehingga daun sehat dan indah. Nitrogen juga merangsang pertumbuhan vegetatif, memproduksi pigmen hijau atau klorofil yang membuat tanaman lebih hijau. Dengan pasokan Nitrogen yang cukup, pertumbuhan tanaman akan kuat atau vigor.

 

Untuk tanaman yang berfokus pada akar dan batang, membutuhkan unsur hara Fosfat yang berperan dalam pembentukan akar yang sehat, sehingga vigor tanaman menjadi kuat, serta bisa menopang tanaman dengan baik.

 

Jika Anda menanam tanaman hias yang berjenis bunga, Kalium berperan penting dalam menentukan panjang malai bunga pada anggrek, jumlah kuntum bunga mawar, jumlah kelopak, tebal tipisnya hingga kontrasitas warna.

 

Peranan lainnya sebagai pengatur keseimbangan air di dalam sel, turgor sel, kehilangan air karena transpirasi, bertanggung jawab dalam produksi, transportasi gula, kerja enzim-enzim dan pembentukan protein, meningkatkan toleransi terhadap stres kekeringan atau dingin serta serangan hama dan penyakit.

 

Kemudian Magnesium dan Sulfur yang keduanya mendukung kinerja Nitrogen agar dapat terserap dengan baik oleh tanaman. Gejala kekurangan unsur hara ini menyebabkan daun tipis dan abnormal.

 

Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tersebut, PT Meroke Tetap Jaya merekomendasikan PROVIT SERIES, yaitu PROVIT HIJAU 27-18-9+1MgO+TE, PROVIT MERAH 15-30-15+1,4MgO+TE, PROVIT ORANGE 8-9-39+3MgO+TE, dan PROVIT MAXI 6-27-38+TE.

 

Produk-produk tersebut termasuk jenis pupuk majemuk yang mengandung hara makro dan mikro lengkap, dibuat dengan formula khusus yang cepat dan mudah diserap oleh tanaman. PROVIT SERIES juga tergolong pupuk watersoluble grade, yang bisa dan mudah larut 100 persen dalam air. Sehingga tidak tersumbat di nozle sprayer.

 

Pemberian masing-masing produk tergantung dengan kebutuhan nutrisi pada fase pertumbuhannya. Untuk merangsang tunas, direkomendasikan menggunakan PROVIT HIJAU 27-18-9+1MgO+TE, pembentukan akar dan batang, bisa diaplikasikan PROVIT MERAH 15-30-15+1,4MgO+TE. Untuk pupuk ini, pemberian yang tepat dengan cara disemprot atau yang lebih dikenal dengan sistem foliar. 

 

"PROVIT SERIES ini jagonya pupuk semprot dengan kandungan hara makro dan mikro lengkap, cocok untuk tanaman hias!" ucap Ermain, Kepala Agronomis PT Meroke Tetap Jaya.

Berita Lainnya