Perawatan Tembakau Lokal, Agar Bercita Rasa Khas & Jempolan!!!

August 30, 2023
Perawatan Tembakau Lokal, Agar Bercita Rasa Khas & Jempolan!!!

Tembakau lokal yang diproduksi petani Nusantara, memiliki kualitas yang tak kalah dengan tembakau introduksi. Untuk varietas lokal ini, ada beberapa yang terkenal. Misalnya Kemloko, Sindoro, Boyolalu, Maduro, dan Sampurna.


Keunggulan varietas-varietas lokal, di antaranya: kadar nikotin lebih tinggi, kadar gula rendah, aroma lebih khas dari kretek dan kerap menjadi bahan baku pembuatan kretek.


Selain varietas, ada beberapa faktor yang membuat tembakau bernilai tinggi dan bercita rasa khas, yaitu perawatan; cuaca; dan pasca panen.


"Pada perawatan, diperlukan pemotongan atau pemunggelan bunga, yang tujuannya untuk menghambat pertumbuhan generatif, mengoptimalkan kualitas dan kuantitas, dan mengatur masa panen," ujar Denny Purwanto, Agronomis PT Meroke Tetap Jaya untuk wilayah Jawa Tengah.


Sambung Denny, perawatan lainnya yang menjadi faktor penting dalam kualitas tanaman adalah pemupukan. Dimana, tembakau membutuhkan setidaknya 12 unsur hara: makro (N, P, K, Ca, Mg, dan S) dan mikro (Fe, Mn, Zn, Cu, Mo, dan B).


"Dari semua hara, yang paling berperan dalam pertumbuhan, untuk menghasilkan tembakau jempolan yaitu N, P, K, dan Ca," lanjut Denny.


Karena itulah, Denny merekomendasikan NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE dan KARATE PLUS BORONI setelah pemupukan dasar. Kedua pupuk ini diaplikasikan mulai dari 20 HST hingga panen, dengan cara ditabur ke tanaman.


"Bagusnya NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE ini ada TE-nya atau Trace Element, yaitu unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit. KARATE PLUS BORONI sama bagusnya, pupuk yang mengandung Kalsium Nitrat dan Boron" ucapnya.

 


KARATE PLUS BORONI mengandung 15,5 % N, 26 % CaO; 0,3 % B. Keuntungannya, pupuk ini larut air, dimana hara yang tersedia dapat diambil oleh akar tanaman mengikuti ‘tarikan transpirasi’ daun tanaman.


Sementara itu, pada NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE, setiap butiran prill pupuk mengandung 15% N; 9% P; 20% K dan unsur hara TE-nya sebagai berikut: 0,015 % B; 0,020 % Zn; dan 0,020 % Mn.


Untuk semakin melengkapi kebutuhan hara mikro, Denny rekomendasikan mengaplikasikan pupuk mikro majemuk, yaitu MerokeFITOFLEX yang disemprot ke daun sebanyak 2,5 gram per tangki semprot (20-25 Liter air).


**Dosis dan frekuensi pemakaian pupuk, bisa download Apps Petani Cerdas di Google Playstore.

Berita Lainnya