NPK Mutiara 16-16-16 untuk Hidroponik, Bisakah???

October 18, 2022
NPK Mutiara 16-16-16 untuk Hidroponik, Bisakah???

 

Hidroponiker yang mengaplikasikan pupuk untuk media tanah (field grade) dalam budidaya hidroponik, adalah kesalahan yang kerap dilakukan.

 

"Banyak beredar di media sosial tentang resep NPK Mutiara 16-16-16 untuk hidroponik. Bisakah dipakai? Untuk sekedar tumbuh memang bisa," tegas Catur Dian Mirzada, Marketing Manager PT Meroke Tetap Jaya.

 

Catur menuturkan hidroponiker harus juga bisa membedakan tanaman yang sekedar bisa tumbuh dan tanaman yang untuk bisa produksi komersial. Untuk itulah, Catur mengatakan dalam berhidroponik harus mengaplikasikan pupuk-pupuk yang diperuntukan untuk hidroponik (hydroponic grade).

 

Dalam nutrisi hidroponik, adapun aturan dasar dan syarat-syarat memilih dan meracik bahan baku nutrisi hidroponik, di antaranya:?

 

1. 100 Persen larut dalam air (fully watersoluble) yang berkualitas hidroponik (hydroponic grade).

2. Pemberian nutrisi harus lengkap unsur haranya, minimal ada 12 nutrisi makro dan mikro.?

3. Nutrisi yang berikan berimbang (balance) sesuai dengan jumlah dan rasio yang dibutuhkan tanaman. Agar, tidak ada defisiensi unsur hara dan nutrisi yang diberikan pun tidak toksik.

?4. Sesuai dengan nutrisi kebutuhan tanaman dan tahapan pertumbuhan (nutrient uptake atau nutrient removal).?

5. Nutrisi yang diaplikasikan harus disesuaikan juga dengan beberapa faktor, di antaranya air baku, suhu, RH, pH, intensitas matahari, sistem instalasi, sistem greenhouse, dan sistem hidroponik yang dipakai.

 

Jika persyaratan nomor 1-5 terpenuhi, maka hasilnya adalah racikan nutrisi yang 'lezat' bagi tanaman, dan tentunya tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

 

Lanjut Catur, bila hidroponiker sudah paham dan bisa memenuhi semua persyaratan di atas terpenuhi, maka bisa mengikuti rekomendasi racikan nutrisi kami, sebagai berikut:

 

1. Tiga (3) bahan racikan (MerokeCALNIT + MerokeFLEX-G + MerokeMAG- S).

 

Racikan ini 'bebas pusing' untuk skala rumahan serta kelas baskomponik, keranjangponik, dan pipaponik.

 

2. Empat (4) bahan racikan yang ingin mengaplikasikan Fosfor (P), Magnesium (Mg), dan Amonium-Nitrogen (NH4) dengan kandungan yang lebih tinggi, bisa dengan kombinasi MerokeCALNIT + MerokeFLEX-G + MerokeMAG-S + MerokeMAP.

 

3. Lima (5) bahan racikan, bisa diaplikasian hidroponiker yang ingin mengaplikasikan unsur hara mikro lebih tinggi. Racikan ini biasa untuk produksi sayuran komersial, agar daun lebih kilat dan rasa lebih enak. Yaitu, MerokeCALNIT + MerokeFLEX-G + MerokeMAG-S + MerokeMAP + MerokeVITAFLEX.

 

4. Enam hingga delapan (6-8) bahan racikan, ini untuk budidaya hidroponik yang lebih luas lagi. Biasanya diaplikasikan untuk kelas industri yang lebih tinggi kandungan hara makronya.?MerokeCALNIT + MerokeMAG-S + MerokeMAP + MerokeMKP + MerokeKALINITRA + MerokeSOP + MerokeZA + MerokeVITAFLEX.

 

"Bisa juga mengaplikasikan 14 atau lebih bahan racikan untuk menyesuaikan air baku dengan semua hara makro dan mikro, tentunya harus dilakukan analisa air baku terlebih dahulu," jelasnya.

 

Untuk 14 bahan racikan ini, bisa mengaplikasikan MerokeCALNIT + MerokeMAG-S + MerokeMAP + MerokeMKP + MerokeKALINITRA + MerokeSOP + MerokeZA + MerokeFeEDTA + MerokeFeEDDHA + MerokeMnEDTA + MerokeZnEDTA + MerokeCuEDTA + Borat + Mo.

 

Anda pada level yang mana??Silahkan melebarkan sayapnya lagi sesuai dengan keilmuan dan konsep dasar sudah dibangun. Berkreasilah dengan keilmuan yang terukur, terdata, terbukti, dan bisa berulang keberhasilannya sehingga menjadi kebenaran baku.

 

"Seni berhidroponik terlalu indah dan luas untuk dibatasi. Biarlah NPKMutiara 16-16-16 yang memang terkenal dan bagus itu diaplikasikan pada pertanian dengan media tanah," tegas Catur.

Berita Lainnya