Mengenal Kebutuhan Nutrisi Tanaman Secara Sederhana Sesuai Fase Pertumbuhan

July 22, 2022
Mengenal Kebutuhan Nutrisi Tanaman Secara Sederhana Sesuai Fase Pertumbuhan

 

Tanaman membutuhkan nutrisi dalam pertumbuhan dan perkembangannya, agar hasil produksinya saat pemanenan bisa maksimal. Baik secara kualitas maupun kuantitas.

 

Dalam pemenuhan nutrisi ini, bisa dilakukan dengan memberikan hara-hara ke tanaman melalui pemupukan.

 

Unsur hara untuk tanaman ini terbagi menjadi dua (2), yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro. Dimana, unsur hara makro terdiri dari N, P, dan K (atau hara makro primer); dan Ca, Mg, dan S (atau hara makro sekunder).

 

Adapun hara mikro, yaitu Fe, Mn, Zn, Cu, Cl, B, dan Mo. Hara makro primer merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah paling banyak, selama siklus hidupnya.

 

Sementara hara makro sekunder, adalah nutrisi tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang kebutuhannya tidak sebanyak unsur hara makro primer. 

 

Dan, hara mikro merupakan nutrisi tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang diperlukan dalam jumlah sedikit, sebagai pelengkap unsur hara makro primer dan sekunder. Jika kekurangan bisa menjadi faktor pembatas produksi tanaman.

 

Apakah semua tanaman jumlah kebutuhan unsur hara-nya sama? Jawabannya tidak. Masing-masing tanaman, kebutuhan nutrisinya berbeda-beda, sesuai dengan fase pertumbuhannya.

 

Fase pertumbuhan tanaman sendiri terbagi menjadi vegetatif dan generatif.

 

VEGETATIF

 

Pada fase vegetatif, tanaman aktif menumbuhkan akar, batang, dan daun. Agar pertumbuhan organ tanaman tersebut maksimal, tanaman membutuhkan N, P, dan K.

 

Pada pertumbuhan awal, bisa dengan memberikan pupuk dasar. Kemudian pemupukan dilanjutkan, pada tahap awal vegetatif.

 

Untuk jumlahnya, kebanyakan tanaman pada fase ini lebih dominan butuh pupuk yang mengandung N dan P yang tinggi. Sedangkan hara K, jumlahnya tidak sebanyak N dan P.

 

Sederhananya, fase vegetatif: NN + PP + K.

 

GENERATIF

 

Saat memasuki fase generatif, tanaman aktif menumbuhkan bunga, pembesaran buah, dan pematangan buah. Di fase generatif awal, atau pada saat pembungaan, kebutuhan N, P, dan K dominan seimbang.

 

Atau, fase generatif awal: NN + PP + KK.

 

Berikutnya, yaitu pembesaran buah & pematangan buah, unsur N dan K lebih dominan. Sementara P rendah.

 

Atau, fase generatif: NN + P + KKK.

 

Berikut link untuk penjelasan manfaat N, P, dan K.

Manfaat Nitrogen (N) Bagi Tanaman

Manfaat Fosfor (P) Bagi Tanaman

Manfaat Kalium (K) Bagi Tanaman

 

Hara lainnya, seperti Ca, Mg, S, Fe, Mn, Zn, Cu, Mo, B, Cl, dan Na, diberikan secara cukup. Agar, pemberiannya tidak berlebih atau kurang, sebaiknya pemupukan diberikan sesuai dengan nutrient removal tanaman. Selain itu, juga disesuaikan dengan kondisi pH tanah.

 

*Informasi selengkapnya tentang produk-produk kami, bisa unduh APPS PETANI CERDAS.

**Dapatkan juga informasi-informasi terkini seputar pertanian, terutama nutrisi tanaman. Serta, temukan distributor terdekat kami di wilayah Anda, hanya di APPS PETANI CERDAS

Berita Lainnya