Kenapa Daun Tanaman Menguning???

August 11, 2022
Kenapa Daun Tanaman Menguning???

 

Ada kalanya daun tanaman yang kita budidayakan tiba-tiba menguning. Ini tentunya bisa meresahkan, jika itu tanaman hias yang lebih menonjolkan estetika pada daunnya. Daun menguning bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

 

Pertama, air. Kelebihan atau kekurangan penyiraman air dapat menyebabkan daun menguning. Jika kesulitan untuk menentukannya, bisa memperhatikan kondisi tanahnya. Bila terasa kering, baru bisa menyirami tanaman.

 

Kedua, warna alami. Daun tanaman sangat mungkin mengalami perubahan warna yang kemudian gugur jatuh ke tanah. Ini bukan hal yang mengkhawatirkan karena proses ini alami terjadi yang disebabkan oleh penuaan. Terutama jika tanaman sudah berumur cukup tua. Namun, itu semua bergantung pada frekuensi dan jumlah daun.

 

Ketiga, sinar matahari. Sunscald atau terbakar sinar matahari adalah salah satu penyebab daun tanaman menguning. Itulah kenapa setiap tanaman memiliki persyaratan tertentu untuk paparan sinar matahari. Jika berlebihan paparan sinar matahari, hasilnya adalah daun terbakar.

 

Keempat, nutrisi tanaman. Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman juga membutuhkan mineral dan nutrisi untuk pertumbuhannya. Dalam beberapa kasus, daun menguning disebabkan oleh kondisi tanah yang kekurangan nutrisi seperti Fe, Zn, atau N.

 

Kelima, usia tanaman. Sama dengan manusia, usia mempengaruhi visual tubuh. Seperti rambut, yang akan memutih seiring dengan pertambahan usia. Demikian dengan tanaman, usia membuat daun menguning. Dan, kita cukup dengan memangkasnya saja pada bagian daun yang menguning.

 

Keenam, infeksi virus. Beberapa tanaman, akan menunjukkan gejala daun menguning karena adanya infeksi virus. Misalnya, pada tanaman cabai, dimana penyakit keriting kuning daun atau dikenal sebagai virus kuning menjadi momok menakutkan bagi petani.

 

Gejala awal yang ditimbulkan berupa penjernihan tulang daun (vein clearing) yang kemudian berkembang menjadi warna kuning, penebalan tulang daun, dan penggulungan daun (cupping). Infeksi lanjutan menyebabkan daun-daun mengecil, berwarna kuning cerah, dan tanaman menjadi kerdil.

 

 

Sumber:

https://www.momsmoney.id/

https://tabloidsinartani.com/

Berita Lainnya