12 Pupuk Kalium Tinggi MTJ yang Paling Rekomen

April 08, 2022
12 Pupuk Kalium Tinggi MTJ yang Paling Rekomen

 

Kebanyakan pada tanaman pangan, horti, dan perkebunan mulai sangat membutuhkan Kalium tinggi saat memasuki fase generatif, pembesaran buah & umbi. Agar, hasil panen secara kualitas & kualitas baik, sehingga bernilai jual tinggi. Kalium pada tanaman memiliki peranan yang dominan.

 

Unsur hara makro primer ini diperlukan oleh tanaman karena berperan sebagai pengatur keseimbangan air di dalam sel, turgor sel, kehilangan air karena transpirasi; bertanggungjawab dalam produksi dan transportasi gula, kerja enzim-enzim dan pembentukan protein; meningkatkan toleransi tanaman terhadap stres kekeringan atau dingin serta serangan hama dan penyakit. Meningkatkan kualitas hasil produksi baik warna, rasa dan daya simpannya.

 

Ada 12 produk Kalium tinggi dari PT Meroke Tetap Jaya yang rekomen diaplikasikan ke tanaman. Berikut ulasan kami berdasarkan kategori jenis pupuknya:

 

Pupuk Majemuk

Pupuk ini mengandung lebih dari 1 unsur hara dalam setiap butirnya. Ada 5 produk pupuk majemuk kami yang mengandung Kalium tinggi.

 

1. Suburkali BUTIR

 

Suburkali BUTIR mengandung Kalium, Magnesium, dan Sulfur. Komposisinya: 30,0 % K2O (Kalium Oksida) 10,0 % Mg (Magnesium Oksida) 17,0 % S (Sulfur).

 

Pupuk ini merupakan pupuk majemuk dengan kandungan tiga unsur hara yang seimbang; Kalium, Magnesium, dan Sulfur. Cocok untuk memacu pertumbuhan dan meningkatkan kualitas hasil produksi.

 

Karakteristik istimewa Pupuk SuburKali BUTIR adalah kandungan Klor yang rendah (Bebas Klor) yang mudah larut dalam air dan dapat langsung diserap oleh tanaman, cocok untuk tanaman yang sensitif terhadap Klor seperti: kentang, nenas, jeruk, cabai, tomat, kubis, anggur, dan bawang merah.

 

Aplikasi Suburkali BUTIR pada tanaman dapat meningkatkan fungsi enzim, sintesa protein, dan pembentukan umbi sehingga kualitas hasil panen meningkat, serta memperkaya rasa dan warna.

 

 

2. MerokeKKB

 

MerokeKKB mengandung unsur hara Kalium, Magnesium, Sulfur dan Boron. Komposisinya: 40,0 % K20 (Kalium Oksida) 6,0 % MgO (Magnesium Oksida) 4,0 % S (Sulfur) 0,8 % B203 (Boron Oksida).

 

Sebelumnya, pupuk ini bernama Korn-Kali+Boron, dan sudah berganti menjadi MerokeKKB.

 

Bila dibandingkan dengan pupuk tunggal, biaya aplikasi pupuk MerokeKKB lebih hemat. Pemakaian 6 kg pupuk MerokeKKB setara dengan:

4 kg pupuk KCI / MOP

1,3 kg pupuk SoluMAG dan

100 g pupuk Borate

 

MerokeKKB mengoptimalkan keseimbangan untuk hara K : Mg di dalam tanah agar dapat diserap secara efisien oleh tanaman. Kualitas buah lebih besar, lebih manis, dan warna lebih mengkilap.

 

 

3. NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE

 

Setiap butiran prill pupuk NPK Mutiara GROWER 15-09-20+TE mengandung N, P dan K yang lengkap, dengan K tinggi. Komposisinya:

15% N (Nitrogen)

9% P2O5 (Fosfor)

20% K (Kalium)

2.0 % MgO (Magnesium Oksida)

2.0% S (Sulfur)

0.015% B203 (Boron)

0,020% Zn (Zinc)

0,020% Mn (Mangan).

 

 

4. NPK Mutiara PROFESSIONAL 9-25-25

 

Pupuk NPK Mutiara PROFESSIONAL 9-25-25 mengandung N rendah, P dan K tinggi yang lengkap untuk menjamin keseragaman penyebaran semua hara agar pertumbuhan dan hasil tanaman yang maksimal.

 

NPK Mutiara PROFESSIONAL 9-25-25 ini merupakan formula yang cocok dan mudah dikombinasikan dengan UREA untuk tanaman pangan dan perkebunan seperti: padi, jagung, kelapa sawit, kedelai, karet, kopi, kakao dan tebu. Bila dipadukan dengan UREA, maka akan menghasilkan kebutuhan hara yang lengkap dan mencukupi untuk produksi tanaman.

 

Pemakaian per hektar: 200 kg NPK Mutiara PROFESSIONAL + 225 kg UREA maka akan memperoleh 121,5 kg N + 50 kg POs + 50 kg K20

 

 

5. NPK Mutiara PARTNER 13-13-24

 

Pupuk NPK Mutiara PARTNER 13-13-24 mengandung N dan P yang seimbang serta K tinggi untuk menjamin keseragaman penyebaran semua hara agar pertumbuhan dan hasil tanaman yang maksimal. Formulasi yang tepat untuk tanaman perkebunan, buah-buahan, tanaman pangan dan hortikultura lainnya.

 

 

Pupuk Tunggal

 

Sesuai jenisnya, pupuk tunggal. Produk kami, MerokeMOP (baik yang granular maupun kristal halus) mengandung satu unsur hara, yaitu Kalium Oksida.

 

6. MerokeMOP

 

Pupuk MerokeMOP merupakan pupuk tunggal KCI yang mengandung 60% Kalium (K20), berbentuk kristal halus. Banyak dipakai oleh petani dan pengusaha tani untuk memenuhi kebutuhan hara Kalium (K) agar tanaman dapat berproduksi optimal.

 

Pemakaian pupuk MerokeMOP sebaiknya pada awal pertumbuhan atau sebagai pupuk dasar dan tahap pembesaran dan pematangan buah.

 

 

Pupuk NPK Foliar

 

PROVIT SERIES, bisa menjadi pilihan pupuk daun yang TEPAT untuk tanaman. Pupuk ini sudah komplit, ada hara makro dan mikro di dalamnya. Untuk yang mengandung Kalium tinggi, bisa aplikasikan PROVIT MAXI dan PROVIT ORANGE.

 

7. PROVIT MAXI

 

Pupuk daun majemuk lengkap NPK 6-27-38+TE yang mengandung hara makro dan mikro lengkap, dibuat dengan formula khusus untuk fase generatif (agar merangsang pembungaan, pembesaran dan pematangan buah). Proses pembungaan, pembuahan dan pematangan tanaman akan lebih seragam.

 

 

8. PROVIT ORANGE

 

Pupuk majemuk lengkap NPK 8-9-39+3MgO+TE yang larut air yang diformulasi khusus untuk pertanian dengan kandungan Kalium (K) tinggi. Berbentuk kristal yang dapat dipakai untuk pupuk dan ataupun dikocorkan untuk tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.

 

 

Watersoluble Grade

 

Pupuk-pupuk watersoluble grade kami bisa diaplikasikan pada semua sistem fertigasi seperti: hidroponik, sistem drip/tetes, sprinkel, sistem pivot, atau pun dengan penyemprotan sebagai foliar.

 

Ada 4 pupuk Kalium tinggi pada kategori ini: MerokeFLEX-G, MerokeKALINITRA, MerokeMKP dan MerokeSOP.

 

9. MerokeFLEX-G

 

Pupuk majemuk lengkap NPK 8-9-39+3MgO+TE yang mengandung nutrisi mikro lengkap dalam bentuk kelat. MerokeFLEX-G sangat ideal dipakai untuk sistem fertigasi karena Nitrogennya hanya mengandung N-Nitrat dan tidak mengandung UREA. Biasa dipakai sebagai bahan baku dalam ABMix di pertanian hidroponik

 

 

10. MerokeKALINITRA

 

MerokeKALINITRA adalah pupuk berbentuk kristal, putih bersih dengan Nitrogen (N) dan Kalium (K) larut air, menjadi pilihan yang sesuai untuk tanaman hortikultura secara luas. Bentuknya yang kristal, sehingga kelarutan di air sangat cepat.

 

Kandungannya terdiri dari 16% Nitrogen (N) dan 46% Kalium Oksida (K2O). MerokeKALINITRA memiliki rasio N/K ratio sekitar 1/3 sehingga sangat sesuai bila dipakai selama pembentukan bunga dan pembesaran atau produksi buah.

 

 

11. MerokeMKP

 

MerokeMKP tidak mengandung Nitrogen, sehingga ideal sebagai sumber hara Fosfat (P) dan Kalium (K) untuk memenuhi kebutuhan sat pembuahan tanaman, dimana pada fase ini hara Nitrogen perlu dikontrol.

 

Dengan EC yang rendah, MerokeMKP relatif aman digunakan sebagai pupuk daun. Sehingga mengurangi resiko membakar dan merusak daun. MerokeMKP dapat dicampur dengan semua bahan pupuk-pupuk larut air lainnya, kecuali dengan pupuk yang mengandung Kalsium larut air atau dengan larutan pekat Magnesium.

 

 

12. MerokeSOP

 

MerokeSOP mengandung kadar Kalium (K) yang ideal untuk tanaman sensitif terhadap Klorida (CI). Mengandung 52% Kalium Oksida (K2O), dan 18% Sulfur (S). Aplikasi MerokeSOP membantu memperkaya kadar Kalium (K) sebelum dan saat pembungaan serta pada saat pembuahan.

 

Berita Lainnya